Inilah Empat Langkah Penting Agar Terhindar dari Overdosis Obat

By Nesa Alicia, Rabu, 7 November 2018 | 11:39 WIB
(4421010037)

Nationalgeographic.co.id - Beberapa orang dengan sengaja mengonsumsi obat dalam jumlah yang banyak dan dilakukan sesering mungkin dengan harapan agar dapat sembuh lebih cepat.

Namun, kebiasan tersebut justru akan meningkatkan risiko overdosis obat. Banyaknya jumlah obat yang dikonsumsi belum tentu mempercepat proses penyembuhan. Berikut hal-hal yang harus dilakukan agar terhindar dari overdosis: 

Patuhi aturan dalam mengonsumsi obat-obatan

Salah satu penyebab overdosis yang paling sering terjadi adalah karena ketidaktahuan pasien mengenai aturan minum dan dosis obat, terutama bagi para lansia. Entah obat yang dikonsumsi melebihi dosis yang dianjurkan atau waktu minum tidak sesuai dengan petunjuk. 

Baca Juga : Dari Gagal Jantung Hingga Stroke, Ini Dampak Gangguan Kekentalan Darah

Jika dalam petunjuk tertulis “2 x 1 tablet”, maka ini artinya dalam mengonsumsi obat, hanya boleh 2 kali sehari dengan masing-masing 1 tablet. Jangan sekali-kali Anda melebihi aturan dengan mengonsumsi lebih dari yang dianjurkan. 

Untuk memudahkan, Anda dapat memasukan obat ke dalam wadah kecil dan diberi label keterangan.

Hindari minum beberapa obat sekaligus

Hindari mencampur banyak obat dalam sekali minum tanpa resep dokter. Misalnya, Anda minum dua obat flu yang berbeda meski kandungan di dalamnya sama. Hal itu sangat berbahaya dan meningkatkan risiko overdosis obat. 

Selain itu, setelah minum obat janganlah menenggak alkohol karena dapat memicu reaksi beracun dalam tubuh yang mengakibatkan overdosis. 

Baca Juga : Hanya Mengonsumsi Daging, Apakah Diet Karnivora Baik Bagi Tubuh?

Meletakan obat di kotak obat