Gen yang sama mengendalikan kemampuan matematika dan membaca, demikian hasil penelitian sejumlah universitas Inggris.
Sekitar setengah gen yang mempengaruhi kemampuan anak untuk membaca juga berperan dalam kemampuan mempelajari matematika, kata para ilmuwan.
Kajian terhadap anak kembar Inggris berumur 12 tahun dari 3.000 keluarga menyumbangkan perdebatan peran gen dalam pendidikan, demikian dilaporkan Nature Communications.
Penelitian baru mengisyaratkan tumpang-tindih yang berarti antara ragam gen yang mempengaruhi matematika dan membaca, kata ilmuwan dari UCL,the University of Oxford dan King's College London.
Tetapi faktor-faktor nongenetik, seperti orang tua dan sekolah juga penting, kata Prof Robert Plomin dari King's College London yang terlibat dalam kajian ini.
"Penelitian ini tidak mengacu kepada gen tertentu terkait kemampuan membaca atau berhitung, tetapi lebih mengisyaratkan pengaruh gen pada hal-hal rumit sepeti kemampuan membaca dan gangguan umum seperti kesulitan belajar," katanya.
Sementara itu Dr John Jerrim dari Institute of Education mengatakan kajian ini tidak terlalu berkaitan dengan kebijakan umum karena tidak disebutkan gen yang berperan.
Tidak terlalu banyak yang diketahui tentang gen yang terlibat dan bagaimana gen-gen ini saling berhubungan, tambahnya seperti dilaporkan kepada BBC.
Penulis | : | |
Editor | : | Kontributor Singapura, Ericssen |
KOMENTAR