Tidak perlu menjadi ahli mesin penerbangan untuk tahun mengapa kabin pesawat diberi tekanan untuk menjaga kita agar tidak tersedot keluar pesawat yang berada di ketinggian 11,000 meter di atas ketinggian laut.
Namun, jika tidak boleh ada lubang sama sekali untuk menjaga tekanan dalam kabin, mengapa terdapat lubang kecil di setiap jendela pesawat?
Menurut Mark Vanhoenacket, pilot British Airways, lubang kecil yang ada di setiap jendela pesawat disebut "bleed hole", dan posisinya terletak pada lapisan kaca kedua diantara dua lapisan kaca jendela luar dan dalam. Jika diperhatikan, jendela memiliki tiga lapisan kaca jendela.
Kaca jendela pertama disebut sebagai lapisan awal dimana seringkali sidik jari kita mengotori permukaannya. Lapisan kaca jendela bagian tengah adalah tempat \'bleed hole\' itu berada. Lapisan kaca jendela terakhir melengkapi seluruh sistemnya, menjaga perbedaan tekanan dari luar.
Ketika kita berada dalam pesawat yang hendak terbang ke langit hingga ketinggian 35,000 kaki, tekanan akan jatuh dibawah 0,2 kilogram persegi centimeter. Itu berarti terdapat tekanan yang begitu berbeda antara kabin pesawat dengan tekanan yang ada di luar pesawat. Udara dalam pesawat ingin keluar dari kabin untuk memperbaiki keseimbangan.
Jadi, apa kegunaan dari lubang kecil yang ada di jendela pesawat?
"Sebenarnya, lubang itu untuk mengurangi tekanan yang ada di lapisan kaca jendela bagian tengah, sehingga hanya lapisan luar saja yang menghadapi tekanan selama penerbangan," ujar Marlowe Moncur, direktur bidang teknologi di GKN Aerospace.
Lubang kecil ternyata mengambil peran penting dalam memberi perlindungan bagi penumpang. Tak hanya itu, jendela itu juga melindungi penumpang dari embun akibat dari perbedaan temperatur, yang membuat kita bisa menikmati pemandangan awan di luar pesawat.
Penulis | : | |
Editor | : | test |
KOMENTAR