Nationalgeographic.co.id—Menurut Theogony oleh Hesiod, Momus pada awalnya adalah penasihat para dewa Olimpus. Namun karena kritik yang berlebihan, tidak menyenangkan, dan terus-menerus terhadap para dewa, ia akhirnya dibuang ke bumi.
Momus menjadi “orang jahat” di antara dewa-dewa kecil Olimpus. “Maka tidak heran jika ia lebih tidak disukai oleh mereka daripada dewa Yunani lainnya,” ungkap A. Sutherland dilansir dari laman Ancient Pages.
Panteon Yunani sangat beragam. Masing-masing dewa memiliki rentang aktivitas, atribut, dan kelemahan yang berbeda. Dewa-dewa Yunani berbeda dari dewa-dewa agama monoteistik besar—dewa Momus menampilkan banyak karakteristik yang mirip dengan manusia.
Salah satu penulis drama klasik paling terkenal di Athena, Sophocles menulis sebuah drama satir yang ditujukan untuk Momus, putra Nyx. Ia menggambarkan Momus sebagai dewa lelucon dan ejekan yang suka mengkritik dan mengolok-olok orang lain. “Pendapatnya diungkapkan dengan sarkasme pahit,” tambah Sutherland.
Momus, dewa kritik, tidak pernah disambut sebagai pendamping para dewa di Gunung Olimpus. Tetapi karena dia adalah salah satu dari para dewa, maka kelakuan Momus pun ditoleransi.
Ironi dan kritiknya yang tidak pantas sering ditafsirkan sebagai sesuatu yang ganas. Kadang-kadang, dia mengalami kesulitan menemukan sesuatu yang salah dalam tindakan para dewa dan manusia, tetapi dia selalu mencoba. Juga, sikapnya terhadap kemanusiaan tidak sepenuhnya benar dan tentu saja tidak ramah.
Faktanya, Momus tidak menyukai manusia dan ingin melihat populasi bumi berkurang. Dia sering membuat upaya yang berhasil untuk menemukan beberapa kekurangan atau kelemahan dalam segala hal.
Sutherland menyebutkan bahwa kadang-kadang, Momus muncul dan menuduh dewa melarikan diri dengan suatu kejahatan. Dia tidak terlalu terkesan ketika Prometheus 'Pembawa Api' mencuri api dari para dewa dan menciptakan manusia pertama. Sang dewa yang tidak disukai ini merasa bukan dirinya sendiri jika tidak mengkritik karya ilahi Prometheus.
Athena pun tidak luput dari kritikan Momus. Kali itu, Momus menghina usaha Athena untuk pembangunan rumah manusia. Momus menunjukkan bahwa rumah itu tidak memiliki sarana penggerak yang diperlukan. Momus menyarankan bahwa ciptaannya untuk manusia harus memiliki roda. Sehingga seseorang dapat dengan bebas berpindah dari satu tempat ke tempat lain jika perlu.
Afrodit sang dewi kecantikan menolak kritikan Momus atas Athena. Momus tidak dapat menemukan kesalahan atas kekecewaannya yang besar dengan bentuk sempurnanya. Sehingga dia menuduhnya terlalu banyak bicara dan mengenakan sandal yang aneh dan berderit.
Dalam "Lucian and the Latins: Humor and Humanism in the Early Renaissance", David Marsh menulis bahwa di perjamuan Momus mengutuk para filsuf, pendeta, dan cendekiawan sebagai ateis.
Terlepas dari protes Hercules dan Juno, dewa Jupiter menerima proposal Momus untuk menghancurkan dunia dan merencanakan penciptaan baru.
Source | : | Ancient Pages |
Penulis | : | Sysilia Tanhati |
Editor | : | Mahandis Yoanata Thamrin |
KOMENTAR