Nationalgeographic.co.id—Semua budaya manusia memiliki ritualnya sendiri. Ritual-ritual ini dapat memperkuat rasa kebersamaan dan kepercayaan umum, tetapi keragamannya yang membingungkan juga dapat mengasingkan dan memisahkan orang, terutama ketika ritual yang dihargai dari satu budaya dianggap aneh oleh budaya lain.
Sebagian besar ilmuwan yang mempelajari ritual-ritual menganggap asal muasal kegiatan-kegiatan itu sebagai salah satu karakteristik yang menentukan. Namun baru-baru ini, para peneliti menduga bahwa sebelum ritual-ritual itu menjadi murni sosial dan sangat aneh, banyak yang mungkin dimulai sebagai upaya untuk menghindari bencana.
Ritualisasi mungkin telah membantu budaya manusia mempertahankan perilaku yang menurut orang-orang akan membuat mereka tetap aman, bahkan setelah alasan awal suatu perilaku dilupakan, menurut para penulis sejumlah makalah penelitian yang diterbitkan dalam edisi khusus jurnal Philosophical Transactions of the Royal Society B.
Cara-cara ritual menyiapkan makanan atau membersihkan tubuh, misalnya, mungkin muncul sebagai cara untuk mencegah penyakit. Banyak ritual juga memberikan kenyamanan psikologis selama masa-masa sulit, dan setelah menjadi praktik umum, mereka membantu menyatukan orang-orang dengan memperkuat rasa kebersamaan.
Di daerah di mana bencana alam dan penyakit sering terjadi dan ancaman kekerasan dan penyakit tinggi, masyarakat cenderung "lebih ketat". Itu artinya mereka memiliki norma sosial yang lebih kuat dan toleransi yang lebih rendah terhadap perilaku menyimpang, kata Michele Gelfand, seorang psikolog di Universitas dari Maryland, seperti dilansir National Geographic. Mereka juga cenderung lebih religius, menempatkan prioritas tinggi pada perilaku ritual.
Penelitian Gelfand menemukan bahwa sikap orang-orang tentang konformitas sosial berubah ketika mereka dihadapkan pada ancaman atau bahkan persepsi bahaya. Ketika film Contagion—yang menggambarkan kisah fiktif tentang pandemi di seluruh dunia—tayang di bioskop pada tahun 2011, Gelfand dan rekan-rekannya melakukan studi kuesioner yang menemukan bahwa orang-orang yang meninggalkan teater merasa lebih bermusuhan dengan para penyimpang sosial.
Ketika kita semua bergerak secara sinkron, atau melakukan tindakan yang sama dengan cara yang dapat diprediksi, seperti yang sering diminta oleh ritual, hal itu dapat menciptakan rasa kebersamaan yang menenteramkan. Dan dalam menghadapi bahaya, kerja sama kelompok mungkin menjadi masalah hidup dan mati.
"Budaya tentara adalah contoh yang bagus," kata Gelfand. Gerakan kelompok yang disinkronkan yang dipraktikkan oleh unit militer di seluruh dunia mempersiapkan mereka untuk bertindak sebagai satu kesatuan dalam situasi berbahaya.
Ritual juga dapat membantu orang mengatasi jenis ketakutan dan kecemasan lainnya. Martin Lang dari Masaryk University di Republik Ceko percaya bahwa ritual yang dapat membuat mereka nyaman dan terhibur. Timnya menemukan, misalnya, bahwa kurang wanita di pulau Mauritius merasa kurang cemas untuk memberikan pidato publik setelah ritual doa berulang-ulang di kuil Hindu.
Beberapa fenomena yang secara dangkal menyerupai ritual telah diamati pada primata lain, kata ahli primata Carel van Schaik dari University of Zurich, Swiss, yang telah mempelajari evolusi budaya pada orangutan. Seperti semua hewan, primata dilahirkan dengan naluri yang membantu mereka menghindari bahaya dan penyakit, dan mereka juga dapat belajar menghindari risiko setelah mengalami pengalaman buruk atau dengan mengamati rekan-rekan lain dalam kelompok mereka.
Namun, para peneliti tidak menemukan bukti bahwa primata non-manusia terlibat dalam ritual yang sebenarnya, kata van Schaik. "Ini hanya muncul dari pikiran budaya kita, yang berkembang di lingkungan yang tidak biasa yang kita ciptakan untuk diri kita sendiri."
Van Schaik percaya bahwa banyak ritual sosial berasal ketika manusia mulai hidup dalam kelompok-kelompok yang lebih besar, terutama setelah pertanian memungkinkan populasi-populasi yang lebih besar tinggal di tempat yang sama. "Keputusan yang menentukan itu memaparkan manusia pada semua jenis kekerasan, bencana, dan penyakit," katanya, "dari konflik dalam kelompok hingga perang antar kelompok hingga penyakit menular yang sekarang dapat menyebar dengan cepat ke seluruh desa."
Source | : | National Geographic |
Penulis | : | Utomo Priyambodo |
Editor | : | Mahandis Yoanata Thamrin |
KOMENTAR