Tidak Melepas Lensa Mata Saat Mandi, Pria Ini Alami Kebutaan

By Mahmud Zulfikar, Rabu, 17 Juli 2019 | 07:05 WIB
Nick Humphreys (29) mata kanannya mengalami buta karena tidak melepas softlens nya saat mandi ()

Nationalgeographic.co.id - Mandi seharusnya tidak memberikan efek buruk pada tubuh kita. Tapi pria ini mengalami kebutaan setelah mandi. Apa penyebabnya?

Ternyata penyebabnya adalah lensa mata yang tidak ia lepas saat mandi membuatnya mengalami kebutaan.

Pria asal Shropshire, Inggris bernama Nick Humphreys (29) ini mengaku tidak pernah mengetahui bahaya dari penggunaan lensa mata saat mandi.

Baca Juga: Hati-hati, Enam Makanan Ini Kerap Menjadi Penyebab Keracunan

Dilansir dari Fox News, pada tahun 2018 ia mengalami Acanthamoeba keratitis, infeksi parasit langka pada kornea kanannya.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) acanthamoeba adalah ameba bersel tunggal yang umumnya ditemukan di air, tanah dan udara. Pengguna lensa mata berisiko tertular infeksi ini jika tidak apik dalam melakukan perawatan penggunaan lensa matanya.

Seperti membersihkan lensa mata dengan air keran, berenang atau mandi tanpa melepas lensa mata berisiko besar tertular infeksi acanthamoeba.

Baca Juga: Bangkai Kapal Selam Peninggalan Perang Dunia II Hilang Secara Misterius

"Jika saya tahu betapa berbahayanya menggunakan lensa mata saat mandi, tentu saya tidak akan pernah memakainya." Ujar Humphreys kepada Fox News.

Sejak Humpreys mengenakan lensa mata pertama kali pada tahun 2013, ia tidak pernah menyadari kebiasaannya tidak melepas lensa mata saat mandi bisa tertular infeksi acanthamoeba. Setiap pagi setelah olahraga ia sering mandi tanpa melepas lensa matanya.

"Saya sama sekali tidak memikirkan hal ini. Tidak ada larangan pada kemasannya dan bahkan Dokter Mata pun tidak pernah menyebutkan risiko infeksi ini." Curhat Humpreys.

Baca Juga: Masker Kain Murah Ternyata Tak Ampuh Lawan Polusi Udara Jakarta