Exploration Academy: Teliti Jejak Batu Bagi Ahli Geologi dan Geofisika

By , Rabu, 26 Oktober 2016 | 10:45 WIB
Buat para ahli geologi, batuan tak sekadar punya kisah masa lalu yang menantang. Batuan yang mereka (Lutfi Fauziah)

Buat kami, kegiatan lapangan (atau para ahli itu menyebutnya field work) itu memantik dopamine tubuh terhadap penjelajahan bumi. Saya teringat ucapan Chris Johns, fotografer senior yang pernah menjabat sebagai editor-in-chief  National Geographic Magazine periode Januari 2005 – April 2014.“Penjelajahan itu berada sedekat pekarangan belakang rumah Anda.”

Chris memberikan kata kunci yang menarik atas kegiatan penjelajahan yang telah dilakukan ras manusia sejak dirinya lahir. Penjelajahan mampu menegaskan kehidupan secara mendalam—yang mungkin juga mampu membuat kita semakin kenal terhadap dunia dan sekitarnya. 

Di sela kegiatan Exploration Academy, kami berbicang santai dengan Abdul Mutalib Masdar, Direktur Eksplorasi PT Pertamina Hulu Energi, salah satu anak perusahaan PT. Pertamina (persero) yang mengurusi bisnis di bagian hulu industri migas.

Para ahli ingin mengungkap rahasia geologi yang menyelimuti pembentukan Danau Toba. (Novian Kusmana)

Berikut petikannya:

Apa yang melatarbelakangi keputusan Bapak membentuk Exploration Academy? 

 

Exploration Academy sebetulnya lahir karena saya melihat adanya gap kompetensi untuk para ahli eksplorasi yang ada di pertamina ini sangat besar.  Dan selama bertahun tahun belum pernah ada langkah langkah konkrit bagaimana me-resolved isu itu.

Jadi kita selalu terjebak dengan testimoni bahwa kita kurang tenaga kita, bahwa kita punya gap antara senior dan junior.  Nah ide awalnya seperti itu.  Sementara tantangan kita di luar untuk mencari cadangan minyak dan gas ini begitu challenging.

Parapat adalah salah satu lokasi terbaik di lingkungan Danau Tobauntuk mempelajari sedimentologi dar ()

Nah, kalau kompetensinya kurang, dari segi kompetensi kualitasnya kurang, dan juga dari segi jumlah juga kurang, itu akan bahaya. Itu artinya cita cita kita untuk mengamankan pasokan energi nasional ituakan menjadi sulit. Karena semuakegiatan produksi minyak nasional itu akarnya atau hulunya ya di sini. Competency based-nya yang ada di sini. 

Nah, makanya kita coba telurkan yang namanya Exploration Academy ini. Nah sebetulnya untuk menjawab kebutuhan akan tenaga expertise terhadap masalah masalah subsurface yang ada di Pertamina. Itu sebenarnya idenya.