Kisah Bencana Alam Ra Mesir Kuno, Menyelamatkan Manusia Lewat Bir

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 10 Desember 2022 | 13:14 WIB
Dewa Ra, digambarkan dengan kepala elang dan piringan matahari di dalam kobra yang bertumpu di kepalanya, terukir di batu kapur. (Paolo Gallo)

Nationalgeographic.co.id – Konsep bencana alam sangat umum di hampir semua mitologi dan agama. Saat itulah dewa atau para dewa memutuskan bahwa umat manusia tidak lagi melayani mereka. Dengan demikian, mereka memerintahkan kehancuran umat manusia. Konsep seperti itu tidak hilang dalam mitologi Mesir kuno. Di dalam Kitab Sapi Surgawi (Book of the Heavenly Cow), sebuah mitos Mesir kuno yang ditemukan terukir di dinding makam dan di atas papirus, para ahli Mesir Kuno telah mampu menyatukan kisah The Cataclysm of Ra atau Bencana Alam Ra.

Bencana Alam Ra sebagai Mitos Penciptaan Mesir Kuno

Kisah Bencana Alam Ra, diceritakan di dalam Kitab Sapi Surgawi, ditorehkan di dinding makam Tutankhamun, Seti I, Ramses II, dan Ramses II, dan hanya lembaran papirus yang ditemukan di dalam makam Ramses VI. Menurut mitos penciptaan Mesir kuno, manusia diciptakan dari air mata dewa matahari Ra, yang sering menyatu dengan Atum, yang pernah tinggal di Bumi dan memerintah kerajaannya selama berabad-abad.

Namun demikian, begitu Ra menjadi tua, orang-orang berhenti menyembahnya dan memberontak melawannya, berencana untuk mengambil alih takhtanya. Tindakan ini tentu saja membuat Ra geram, dan dia meminta dewan rahasia dengan dewa-dewa lain. Ayah Ra, Nun, mendukung kemarahan Ra dan menyarankan agar umat manusia dihukum. Putri Ra, dewi Hathor, dipilih untuk misi ini. Sering dilihat sebagai personifikasi dari Eye of Ra, dewi multi-tugas ini dikaitkan dengan kesenangan, kesuburan, cinta, musik, dan kecantikan.

Dalam kisah Bencana Alam Ra, dalam satu malam dewi Hathor keluar di antara umat manusia dan—seperti singa—mulai membunuh pria, wanita, dan anak-anak di semua tempat mereka bersembunyi, menyerang dan membunuh umat manusia sambil meminum darah mereka.

Patung dewa Mesir yang haus darah Sekhmet, a.k.a. Hathor, di Museum Mesir di Turin. (Roberto Venturini )

Rencana Ra untuk Mengatasi Hathor

Tindakan Hathor, yang mengambil persona Sekhmet dewi perang Mesir yang dikenal karena amarahnya yang tak terkendali, mengancam akan menghancurkan umat manusia sepenuhnya, sesuatu yang tidak diinginkan Ra karena dia masih ingin memerintah mereka. Untuk menghentikan Hathor melanjutkan pembantaiannya, dia menyusun rencana untuk menipunya.

Dengan bantuan para pengikutnya yang setia, Ra mengatur agar bir dalam jumlah besar dicampur dengan pewarna merah atau jus delima agar terlihat seperti darah. Kemudian mereka membawa tujuh ribu toples bir dan menuangkan isinya ke ladang, membanjiri ladang tempat Hathor akan kembali untuk melanjutkan pembantaiannya.

Baca Juga: Kegiatan Hiburan di Mesir Kuno, Berburu Singa Hingga Minum Bir

Baca Juga: Untuk Berkomunikasi dengan Osiris, Mumi Mesir Kuno Pakai Lidah Emas

Baca Juga: Xolotl, Dewa Petir dan Api Berkepala Anjing yang Dipuja Suku Aztec