Kualitas Tidur Memengaruhi Suasana Hati dan Kemajuan Karier Wanita

By Ricky Jenihansen, Sabtu, 14 Januari 2023 | 10:00 WIB
Ketika tidur malamnya nyenyak, suasana hati wanita membaik dan lebih berambisi dalam karier. (Pixabay)

Nationalgeographic.co.id—Studi baru yang dipimpin Washington State University menemukan bahwa kualitas tidur memengaruhi suasana hati wanita dan mengubah perasaan mereka tentang kemajuan karier mereka. Sedangkan aspirasi pria tidak dipengaruhi oleh kualitas tidur.

Para peneliti mendapatkan kesimpulan tersebut berdasarkan studi survei selama dua minggu terhadap 135 pekerja penuh waktu di Amerika Serikat. Temuan mereka tersebut telah diterbitkan di jurnal Sex Roles.

Pada penelitian tersebut, setiap hari para peserta mencatat seberapa baik mereka tidur dan kualitas suasana hati mereka saat ini, dan kemudian bagaimana mereka merasa tentang berjuang untuk lebih banyak status dan tanggung jawab di tempat kerja.

Baik pria maupun wanita melaporkan kualitas tidur yang baik dan buruk selama penelitian, terutama tanpa perbedaan gender dalam kualitas tidur yang dilaporkan. Namun, wanita lebih sering dilaporkan menurunkan niat untuk mengejar lebih banyak status di tempat kerja pada hari-hari setelah tidur malam yang buruk.

Jika wanita ingin bekerja dengan baik, pertama-tama mereka mungkin ingin berbaring untuk istirahat malam yang nyenyak.

"Ketika wanita mendapatkan tidur malam yang nyenyak dan suasana hati mereka meningkat, mereka lebih cenderung berorientasi pada niat harian mereka untuk mencapai status dan tanggung jawab di tempat kerja," kata penulis utama Leah Sheppard, seorang profesor di Carson College of Business WSU.

"Jika tidur mereka buruk dan mengurangi mood positif mereka, maka kami melihat bahwa mereka kurang berorientasi pada tujuan tersebut."

Mereka menyurvei karyawan penuh waktu dua kali sehari selama dua minggu kerja berturut-turut dengan total lebih dari 2.200 pengamatan.

Para peserta menjawab pertanyaan tentang tidur malam sebelumnya dan suasana hati saat ini sekitar tengah hari setiap hari dan di malam hari menjawab pertanyaan tentang niat mereka untuk mengejar lebih banyak tanggung jawab, status dan pengaruh di tempat kerja.

Wanita dengan tidur yang buruk akan merusak suasana hati dan keinginan mereka untuk menaiki tangga perusahaan. (Dreamstime)

Para peneliti hanya dapat berspekulasi tentang mengapa tidur berdampak pada suasana hati memengaruhi aspirasi perempuan dan bukan laki-laki, tetapi mereka menduga itu mungkin ada hubungannya dengan perbedaan gender.

Hal itu berkaitan dengan regulasi emosi serta harapan masyarakat atau beberapa kombinasi dari kekuatan-kekuatan ini.