Hangatnya Inti, Dewa Matahari dalam Mitologi Kepercayaan Orang Inca

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Jumat, 12 Mei 2023 | 13:00 WIB
Penggambaran Kaisar Inca Pachacuti yang menyembah Inti di Qurikancha, pada kronik kedua abad ke-17 dari Martín de Murúa. Dewa Inti adalah sosok penting dalam mitologi Kekaisaran Inca. (Martín de Murúa)

Nationalgeographic.co.id—Coba Anda perhatikan bendera Argentina dan Uruguay. Di tengah bendera mereka punya simbol matahari berwarna kuning, dan memiliki wajah.

Masing-masing negara menafsirkan simbol matahari ini sebagai matahari revolusi dan kemerdekaan mereka dari orang Eropa di abad ke-19.

Namun, matahari punya makna lain bagi orang Amerika Selatan. Dia adalah perwakilan Dewa Inti yang merupakan mitologi utama masyarakat Kekaisaran Inca sebagai dewa matahari.

Tugasnya sebagai dewa dan simbol langit, dia berhubungan dengan pertanian, karena cahayanya yang dibutuhkan agar tanaman tumbuh.

Makanya, Inti adalah dewa yang sangat menonjol dalam mitologi Inca. Apa lagi, peradaban Inca sangat bergantung pada sektor pertaniannya.

Bahkan, para penguasa Kekaisaran Inca, mengklaim dirinya sebagai keturunan langsung dari Inti, yang menunjukkan betapa pentingnya dan dihormatinya dewa ini.

Misalnya, dalam mitologi tentang asal-usul raja pertama Kekaisaran Inca, Manco Capac. Ia mengklaim dirinya sebagai putra langsung dari Inti, di sisi lain ada juga yang percaya bahwa ia berasal dari Viracocha (ayah dari Inti dan dewa pencipta alam semesta).

Manco Capac berpasangan dengan Mama Ocllo yang juga sama-sama anak dari Inti. Mereka mendirikan kawasan di Lembah Cusco yang kelak menjadi awal dari peradaban Inca.

Keturunan mereka pun menjadi kaisar dari Kekaisaran Inca sampai akhirnya jatuh di tangan Spanyol.

Ketika Inti memberikan hadiah peradaban bagi Manco Capac dan Mama Ocllo, Inti digambarkan sebagai dewa dermawan yang melindungi rakyatnya.

Ia melihat manusia tidak beradab, liar, dan sulit diatur, sehingga pengutusan Manco Capac dan Mama Ocllo adalah untuk menciptakan tatanan masyarakat.

Masyarakat peradaban Inca dapat melihat kemurahan hati Dewa Inti degan kecerahan dan kehangatan dari matahari.