7 Peradaban Terbesar dalam Sejarah Dunia, Termasuk Yunani Kuno

By Ade S, Selasa, 23 Juli 2024 | 11:03 WIB
Parthenon, sebuah kuil yang didedikasikan untuk Athena, yang terletak di Acropolis di Athena, adalah salah satu simbol paling representatif dari budaya dan kecanggihan Yunani kuno. Pelajari 7 peradaban terhebat dalam sejarah dunia, termasuk Yunani Kuno, dan pelajari pencapaian luar biasa mereka yang membentuk dunia modern. (Phanatic)

Nationalgeographic.co.id—Pernahkah Anda bertanya-tanya tentang peradaban mana yang paling berpengaruh dalam sejarah dunia?

Artikel ini akan membahas 7 peradaban terhebat, termasuk Yunani Kuno, yang telah meninggalkan jejak abadi pada budaya dan masyarakat kita saat ini.

Peradaban-peradaban ini, dengan pencapaian luar biasa mereka di bidang sains, seni, politik, dan filosofi, telah membentuk dunia yang kita tinggali saat ini.

Dari piramida Mesir yang megah hingga demokrasi Athena yang inovatif, setiap peradaban ini memiliki cerita unik untuk diceritakan.

Mari kita selami perjalanan waktu dan pelajari tentang peradaban-peradaban ini, dan temukan bagaimana mereka berkontribusi pada sejarah dunia.

Artikel ini akan membawa Anda pada petualangan menarik untuk mengenal peradaban-peradaban yang telah mengubah jalannya sejarah manusia.

1. Peradaban Sumeria

"Membahas tentang peradaban "terhebat" yang pernah ada, nama Sumeria tak boleh dilewatkan," papar Wesley Jank di laman World Atlas.

Dua alasan kuat mengantarkan mereka ke posisi teratas: Pertama, Sumeria merupakan peradaban tertua yang kita ketahui, dan kedua, pengaruhnya pada agama dan pemikiran budaya dunia jauh melampaui peradaban lain.

Sebelum menyelami kejayaan Sumeria, mari kita telusuri terlebih dahulu sejarah singkat mereka.

Bangsa Sumeria kuno mendiami Mesopotamia, wilayah yang kini dikenal sebagai Irak. Kedekatan mereka dengan Sungai Tigris dan Euphrates memungkinkan mereka untuk meninggalkan gaya hidup nomaden dan beralih ke bertani.

Baca Juga: Bagaimana Peradaban Islam dalam Sejarah Dunia Memperlakukan Ganja?