Keajaiban Oncom: Makanan Fermentasi Daur Ulang yang Jadi Solusi Keberlanjutan

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Minggu, 22 September 2024 | 16:00 WIB
Keripik oncom adalah makanan tradisional khas Bandung, Jawa Barat, yang berasal dari oncom merah yang digoreng dengan tepung. Oncom merah berasal dari proses fermentasi bahan limbah pertanian dengan melibatkan jamur. Para peneliti mempertimbangkan keajaibannya sebagai makanan daur ulang yang berkelanjutan. (Midori/Wikimedia)

Nationalgeographic.co.id - Bisakah limbah bahan makanan didaur ulang menjadi makanan lagi? Gagasan ini mungkin menjijikkan bagi sebagian orang, tetapi, di sisi lain, bisa jadi peluang ramah lingkungan dan mengurangi masalah krisis pangan.

Sebuah eksperimen terbaru tentang daur ulang pangan ini dilakukan oleh para peneliti lintas negara. Para peneliti terinspirasi dari oncom, makanan tradisional Jawa Barat, Indonesia, yang dibuat lewat proses fermentasi.

Tim penelitian ini dipimpin Vayu Hill-Maini dari Miller Institute for Basic Research in Science, University of California Berkeley. Penelitian ini juga melibatkan para ahli dari Institut Pertanian Bogor, Jawa Barat. Hasil penelitian mereka bertajuk "Neurospora intermedia from a traditional fermented food enables waste-to-food conversion" dipublikasikan di Nature Biology pada 29 Agustus, 2024.

"Makanan ini (oncom) adalah contoh yang bagus tentang bagaimana kita dapat mengambil limbah, memfermentasinya, dan membuat makanan manusia darinya," kata penulis utama studi Hill-Maini, mantan koki yang menjadi ahli kimia, dikutip dari Eurekalert.

"Jadi mari kita belajar dari contoh ini, mempelajari proses ini secara terperinci, dan mungkin ada pelajaran yang lebih luas yang dapat kita ambil tentang cara mengatasi tantangan umum dari limbah makanan."

Keajaiban Oncom

Karena oncom adalah makanan khas Indonesia, jarang bagi rekan-rekan dari AS mengetahui makanan ini. Hill-Maini sendiri mengenal oncom dari rekan sesama koki dari Indonesia.

Dari pelbagai budaya di seluruh dunia, selain Indonesia, mengonsumsi hasil fermentasi sudah sejak lama dikenal. Masyarakat tradisional Eropa mengenal alkohol dari biji-bijian yang diubah menjadi ragi.

Ada pula dadih susu yang menjadi keju biru yang melibatkan jamur yang sama dengan alkohol Penicillium. Kecap dan miso berasal dari fermentasi kacang kedelai yang dibantu jamur Aspergillus oryzae.

Namun, oncom sangat unik. Jamurnya justru bisa berkhasiat walaupun dari sisa makanan. Para peneliti memperkirakan, keajaiban oncom tampaknya hanyalah satu-satunya makanan manusia yang hanya difermentasi dengan jamur Neurospora.

Ada dua jenis oncom, yakni merah dan hitam. Keduanya berbeda dalam proses pembuatannya. Oncom merah dibuat dengan memfermentasi ampas kedelai sisa pembuatan tahu. Proses fermentasi ini melibatkan spesies jamur mikroba Neurospora. Sedangkan oncom hitam berasal dari proses fermentasi minyak kacang tanah.

Baca Juga: Ingin Kimchi yang Lebih Enak? Teknik Kuno Ini Menjanjikan Kualitasnya