Headline harian Kompas, Senin (6/5) mengetengahkan ancaman anabolic steroid di kalangan binaragawan. Tujuannya? Mempercepat pembentukan massa tubuh dan otot.
Padahal, pengunaan zat anabolic steroid ]bisa menimbulkan kanker hati, hubungan antarsendi yang tidak normal, disfungsi ginjal, serangan jantung, hingga pengecilan testis yang bisa berujung pada kemandulan.
Tubuh yang kekar dan ideal juga diidamkan oleh masyarakat awam, terutama pria. Dalam Beauty Pays, buku karangan Daniel Hamermesh, ini merupakan bagian dari tampil cantik atau menarik. Mereka yang menarik akan lebih mudah mendapat pekerjaan, mendapat gaji lebih, dan memiliki pasangan yang lebih menarik pula.
Maka itu pula sekitar 36 persen pria tidak malu untuk datang ke salon wanita. 33 persen pria juga membawa perlengkapan kebersihan ke mana pun. Bahkan, 25 persen pria bersedia melakukan operasi/perawatan tertentu untuk meningkatkan penampilan. Hasil persentase ini merupakan buah mega survei dari Indonesia’s Hottest Insight (IHI) 2013 yang dilakukan Gramedia Majalah.
Survei dilakukan pada 3.000 responden pria dari sembilan kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Medan, Palembang, Denpasar, dan Makassar. Makna dari survei ini sendiri adalah untuk membantu para pelaku bisnis memahami market secara lebih baik.
Pria, sebagai konsumen, tergolong yang selalu mencari tahu informasi seputar barang yang ingin dibeli. Dari sekian banyak sumber informasi yang tersedia, segmen pria lebih percaya pada sharing experience yang didapatkan dari lingkungan. Pola berbagi informasi itu pun masih jadi hal tradisional. Hal yang sama untuk perawatan diri, di mana 27 persen pria berbagi informasi.
"Pria percaya mekanisme ngobrol jadi hal paling penting untuk menggali informasi," demikian paparan survei IHI 2013. Kebiasaan merawat diri ini juga diimbangi dengan olahraga. Di mana 53 persen pria punya kebiasaan olahraga, dengan 38 persen dari mereka memilih olahraga futsal.
Hal positif lain yang didapat dari survei IHI 2013 adalah pria sangat membutuhkan beragam informasi melalui aneka saluran media (cetak, internet, radio). Olahraga dan musik adalah tema-tema yang paling sering dicari oleh pria. Dengan paparan lengkapnya sebagai berikut; 85 persen pria membaca tabloid, 76 persen pria membaca koran, dan 35 persen pria membaca majalah.
Menarik dilihat di sini bagaimana penampilan yang menarik diimbangi dengan pengetahuan. Lebih lengkap mengenai paparan hasil survei IHI 2013 akan disampaikan dalam seminar “Indonesia’s Hottest Insight 2013: Understanding The Most Promising Market” yang digelar di The Hall Senayan City, 7 Mei 2013 Jam 09.00 – 13.00 WIB. Tunggu hasil survei mengejutkan berikutnya.
Penulis | : | |
Editor | : | Kontributor Semarang, Nazar Nurdin |
KOMENTAR