Nationalgeographic.co.id—Bakteri dan organisme kecil lainnya secara tradisional dipandang sebagai ancaman bagi seni. Tetapi sejumlah kecil peneliti di Eropa membuat mikroba berguna untuk mereka. Mikroba khusus telah dilepaskan pada segala hal mulai dari lukisan dinding berusia berabad-abad, lukisan cat minyak hingga dinding katedral besar, semua dalam upaya untuk membersihkan dan mengembalikan kejayaan asli dari potongan-potongan warisan budaya ini.
Baru-baru ini, selama karantina wilayah virus corona, tim dari Italian National Agency for New Technologies (ENEA) berhasil menghilangkan pembusukan dari makam keluarga Medici yang diukir Michelangelo di Florence, Italia.
Namun aplikasi paling awal dari gagasan “biocleaning” ini—menggunakan mikroorganisme untuk mengonsumsi dan membersihkan puing-puing dari permukaan batu dan karya seni—berasal dari Giancarlo Ranalli pada 1990-an.
Ranalli bekerja dengan Komisi Teknis untuk Restorasi di Pisa, Italia, sebagai konsultan ahli mikrobiologi tentang mikroorganisme yang merusak karya seni. Pada saat itu, tim pemulih sedang merawat lukisan dinding abad pertengahan di Monumentale Camposanto. Pemakaman itu dibom selama Perang Dunia II, dan lukisan-lukisan plester asli dengan cepat dihapus menjadi potongan menggunakan kain kasa dan lem. Setelah beberapa dekade strategi restorasi yang gagal, tim bertekad untuk mendapatkan apa yang disebut Ranalli sebagai “tugas yang mustahil” dengan benar.
Ketika metode kimia tradisional untuk membersihkan lukisan dinding terbukti tidak efektif, pemimpin proyek berkata kepada Ranalli: “'Dr. Ranalli, tidak bisakah Anda melakukan sesuatu dengan serangga Anda?'
Kemudian sang mikrobiologis teringat. “Untuk pertanyaan yang tampaknya sederhana itu, ada jawaban yang cepat dan langsung. 'Mengapa tidak!'” katanya.
Baca Juga: Mumi Belalang Terawetkan dalam Lukisan Olive Trees Karya Van Gogh
Ranalli menjelaskan bahwa, lukisan-lukisan dinding Pisa bertatahkan bahan organik-sumber makanan utama bagi mikroba yang sudah digunakan di laboratorium di seluruh dunia. Lebih penting lagi, zat anorganik yang membentuk pigmen pada lukisan dinding tidak menarik bagi bakteri. Mikroba secara teori akan selektif mengkonsumsi dan menghilangkan perubahan permukaan organik sambil membiarkan pigmen tidak tersentuh.
Bakteri aerobik Pseudomonas stutzeri, strain A29, akhirnya menjadi kandidat yang sempurna; organisme langsung memakan lem hewan keras yang menumpuk yang disebabkan oleh Konversi St. Efisio dan Pertempuran abad ke-14 Spinello Aretino, mikroba itu berhasil memulihkan lukisan dinding yang telah membuat para pemulih bingung selama beberapa dekade.
Lukisan di seluruh dunia terus-menerus mengumpulkan kotoran dan debu dari sirkulasi udara, dan lukisan di luar ruangan mengumpulkan garam, mineral, dan tanah. Sejak hasil proyek Camposanto Monumentale pertama diterbitkan pada tahun 2004, Ranalli dan generasi baru peneliti telah mendorong batas-batas biocleaning untuk menggunakan lebih banyak mikroba pada banyak situs warisan budaya.
Di luar kerusakan alami yang diakibatkan oleh paparan dunia luar, restorasi sebelumnya yang tidak berhasil dapat menjadi masalah bagi proyek lain yang sedang berjalan. Kapel Sistina, misalnya, pernah dibersihkan di abad ke 17 dan 18 menggunakan anggur dan spons yang terbuat dari roti (meskipun tidak jelas mengapa alasannya). Proyek pertama Ranalli dua dekade lalu berurusan dengan sisa lem hewan dari tindakan yang diambil untuk melindungi lukisan dinding. Namun, seiring waktu, protein dalam lem itu memburuk dan hampir menghancurkan karya seni.
Lapisan restorasi masa lalu yang tumpang tindih membuatnya sulit untuk ditembus oleh bahan kimia apa pun. Beberapa kontaminan sering kali tidak dapat dihilangkan dengan menggunakan pelarut yang sama—kecuali bahan kimianya sangat keras sehingga berisiko merusak lapisan bawah yang berharga. Selain itu, ada keseimbangan antara menerapkan cukup pelarut untuk menghilangkan kotoran, tetapi tidak memberikan terlalu banyak pelarut sehingga karya seni tidak rusak.
Bakteri menawarkan solusi yang mudah: mereka seperti mesin kecil dan presisi yang hanya akan memakan bahan yang ingin dihilangkan oleh pemulih. Ini hanya masalah memilih bakteri yang tepat.
Baca Juga: Lukisan Harimau Raden Saleh: Jejak Nestapa Satwa di Pulau Jawa
Langkah pertama adalah menentukan komposisi barang-barang seni yang tidak seharusnya ada. Dalam kasus proyek asli Ranalli, itu adalah protein kasein, yang ditemukan dalam lem hewan. Proyek lain telah menghapus segalanya mulai dari garam mineral hingga grafiti, dan banyak permukaan mengandung lebih dari satu faktor. Para peneliti mengandalkan teknik analisis kimia berteknologi tinggi untuk mengurai identitas target mereka.
Setelah pemulih tahu persis apa yang mereka coba hilangkan — baik itu lem hewan, garam mineral, atau grafiti — ada dua cara untuk mendapatkan bakteri yang kompatibel, kata Pilar Bosch-Roig, ahli mikrobiologi dan peneliti restorasi warisan budaya di The Polytechnic University dari Valencia di Spanyol.
Salah satu pilihan adalah memilih dari ribuan bakteria yang sebelumnya diisolasi dan dikarakterisasi yang telah dikatalogkan oleh peneliti lain selama bertahun-tahun. Bakteri perdana Ranalli- Pseudomonas stutzeri, strain A29, misalnya, telah diterapkan pada situasi lem hewan lengket lainnya dalam dua dekade sejak penggunaan pertama.
Pilihan kedua adalah membiarkan seleksi alam berjalan dengan sendirinya. Miliaran kandidat bakteri ditempatkan di lingkungan yang terkendali dan dibuat untuk bersaing untuk satu sumber makanan: kontaminan target. Selama beberapa minggu, hanya sedikit yang dapat menggunakan molekul target untuk bahan bakar yang akan bertahan. Bakteri kemudian diperiksa untuk memastikan mereka tidak menyebabkan penyakit, dan tidak akan menyebar ke luar permukaan tempat mereka diaplikasikan.
Terlepas dari metode seleksi, para peneliti secara ketat menguji efisiensi bakteri yang dipilih dan menentukan kondisi optimal untuk pemulihan. Mereka harus benar-benar yakin bahwa mikroba tidak berinteraksi secara tak terduga dengan bahan apa pun dalam karya seni aslinya.
Begitu mereka mengetahui bakteri yang tepat, pemulih dapat menerapkan mikroba dalam paket gel kecil — hanya titik kecil pada awalnya, untuk mengujinya — dan membiarkannya selama beberapa jam hingga beberapa minggu. Setelah perawatan, gel dikupas kembali, permukaannya dibersihkan, dan karya seni diuji untuk memastikan tidak ada bakteri yang tertinggal.
Bosch-Roig dan timnya bekerja secara ekstensif di Gereja Santos Juanes di Valencia, Spanyol untuk memperbaiki lukisan dinding bertatahkan lem binatang sisa dari restorasi sebelumnya, yang mengaburkan pandangan pengunjung dari lukisan dinding abad ke-14. Untuk berhasil menghilangkan kerak gelap, Bosch-Roig memanfaatkan bakteri Ranalli yang sudah teruji dan terbukti kebenarannya-Pseudomonas stutzeri.
“Banyak orang akan mengunjungi gereja, mereka akan melihat lukisan dinding, dan warnanya buram,” ujarnya. “Sekarang, orang-orang kembali setelah pembersihan, dan berkata 'Wow, lukisan itu ada di sini?' Mereka belum pernah melihat gereja seperti ini.”
Baru tahun ini, tim Sprocati dan kolaborator restorasi mereka menangani masalah sulit pembusukan sisa-sisa manusia yang menodai marmer berukir Michelangelo di Kapel Medici di Florence, tempat banyak anggota keluarga dimakamkan. Karena tidak bisa dibersihkan dengan metode tradisional, tim memanfaatkan penurunan pengunjung selama pandemi untuk menguji bakteri dengan hati-hati dan membersikan patung terkenal itu.
Baca Juga: Misteri Hilangnya Lukisan Karya Kartini Saat Pusaran Geger 1965
Namun terlepas dari keberhasilan ini, bidang biocleaning telah gagal membuat langkah besar dalam dua dekade terakhir. Beberapa institusi memiliki kombinasi yang tepat antara minat, kebutuhan, dan pendanaan untuk berinvestasi dalam sistem biologis khusus, kata Bosch-Roig.
“Bidang penelitian seringkali jauh dari dunia restorasi seni yang sebenarnya, menekankan perlunya kolaborasi antara ilmuwan dan sejarawan seni,” ujar Ranalli.
Sprocati setuju bahwa kemitraan tersebut merupakan bagian penting dari biocleaning. “Saling percaya layak mendapat tempat terhormat,” katanya. “Tanpa itu, perpaduan restorasi, studi, analisis, pengetahuan, pengalaman, metode, dan sains untuk mengembalikan harmoni keindahan pada patung-patung Michelangelo tidak dapat dicapai.”
Baca Juga: Mengungkap Kisah di Balik Lukisan Modigliani Tentang Mantan Kekasihnya
Source | : | popsci.com |
Penulis | : | Agnes Angelros Nevio |
Editor | : | Mahandis Yoanata Thamrin |
KOMENTAR