Kita menghabiskan hampir setengah dari waktu kita dalam sehari untuk bekerja. Banyak pekerjaan yang menyebabkan stress dan beberapa kebiasaan tidak sehat lainnya secara fisik ataupun mental.
Namun, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk membuat tempat bekerja kita menjadi lebih baik untuk kesehatan kita.
Berikut beberapa tips yang dapat membuat wilayah kantor kita menjadi sebuah tempat yang dapat membuat kita lebih sehat menurut para ahli:
1. Ingatkan diri kita untuk tidak duduk terlalu lama.
Orang-orang yang bekerja di dalam kantor harus berdiri atau berjalan –jalan setidaknya sebanyak dua jam dalam sehari untuk menghindari risiko yang mengganggu kesehatan diri kita yang disebabkan oleh terlalu lama duduk, menurut penelitian di Inggris pada tahun 2015.
"Bergerak ketika bekerja sangat penting, " kata Robert Graham, MD, direktur dari Intergrative health and Wellness untuk Northwell Health System,NY. "Tidak hanya baik untuk fisik Andam tapi penelitian tersebut menunjukkan bahwa hal tersebut dapat meningkatkan produktifitas dan meningkatkan focus pada pekerjaan ."
baca juga : Bekerja Lebih dari 40 Jam Seminggu dapat Meningkatkan Resiko Stroke dan Serangan Jantung
2. Mengecat dinding kantor dengan warna hijau.
Warna hijau memiliki kaitan untuk meningkatkan cara berpikir yang lebih kreatif, kata Sally Augustine, PHD, seorang ahli psikologi lingkungan dan pimpinan dari Design with Science. Untuk berpikir kreatif kita dapat memancingnya dengan mengecat sebagian besar dari dinding kantor kita dengan warna yang ternang seperti sage atau sea-foam green.
Jika kita tidak dapat mengecat kantor kita dengan warna hijau, coba untuk menggunakan wallpaper di wilayah kerja kita dan menambahkan beberapa elemen yang berwarna hijau juga dapat sangat membantu.
3. Menambahkan Tanaman.
Membawa nuansa alami kedalam kantor kita dapat menjadi salah satu cara yang baik untuk menginspirasi kreatifitas dan sebuah perasaan sejahtera, kata Augustin. "Tanaman sangat bagus untuk segi psikologis," katanya.
baca juga : 6 Tips Sukses Berkarier
4. Memajang beberapa barang personal
Mendekorasi meja kita dapat membantu kita merasa nyaman sehingga dapat mengurangi rasa stress pada tempat kerja dan rasa tidak puas, kata Augustin. Tapi untuk menghindari perasaan kacau, pajanglah hanya beberapa barang saja.
"Ambil sekitar tiga atau empat benda yang berarti untuk Anda, seperti foto keluarga atau sebuah penghargaan yang sangat anda banggakan dan pastikan semua hal tersebut berada di dalam pandangan anda," katanya.
"Namun, ingat bahwa banyak benda yang ditambahkan ke atas meja Anda, membuat otak anda terus memperhatikan benda tersebut. Bekerja dalam wilayah yang ramai dapat melelahkan pikiran anda, meskipun anda tidak menyadarinya."
5. Gunakan Aromaterapi
Aroma Citrus dapat meningkatkan semangat kita dan meningkatkan cara berpikir dan ingatan, kata Augustin. "Saya lebih suka untuk menggunakan sebuah aromatherapu dispenser dengan aroma lemon di meja saya"
Hindari lilin dan penyegar udara yang menggunakan aroma tiruan, dan sebuah minyak esensial . Beberapa bahan kimia yang berada di pewangi ruangan dapat menyebabkan iritasi atau reaksi alergi. Jika menghirup wewangian sepanjang hari menggangu kita, cobalah untuk memakan permen lemon ketika kita bekerja.
Baca juga : Ini Solusi Jika Duduk Terlalu Lama
Penulis | : | |
Editor | : | endah trisulistiowaty |
KOMENTAR