Nationalgeographic.co.id—Nero menjadi Kaisar Romawi yang melambangkan dekadensi, kehancuran, pesta pora. Namun apakah beberapa kisah tentangnya benar-benar nyata atau rumor belaka?
Mencapai kekuasaan pada tahun 54 M pada usia 16 tahun, selama 14 tahun berikutnya Nero diduga membunuh dua istrinya, ibunya, dan bibinya. Tidak hanya itu, ia juga menikahi dua pria yang berbeda dan tidur dengan ibunya dan seorang perawan vestal.
Seolah-olah perang seks dan pembunuhan ini tidak cukup untuk membuat kaisar muda sibuk, dia dipercaya sebagai orang yang membakar Roma. Sang Kaisar asyik sendiri saat kota terbakar dan kemudian menyalahkan orang-orang Kristen.
Namun apakah semua catatan buruk tentang Nero itu benar? Catatan sejarah yang paling buruk adalah soal pembakaran Roma dan hubungan intim dengan ibunya, Agrippina yang Muda.
Kisah-kisah ini dapat ditemukan dalam sumber-sumber sejarah kuno tetapi tidak boleh dianggap remeh. “Terkadang, kisah ini bersumber dari rumor, bukan fakta,” ungkap Caillan Devenport dilansir dari laman The Conversation.
Apakah Nero melakukan inses dengan ibunya?
Nero tidak hanya mendapatkan reputasi yang tidak layak sebagai pembakar, tetapi juga sebagai penyimpang inses. Dugaan ini membuatnya mendapatkan tempat dalam daftar "hal-hal paling bejat secara seksual yang pernah dilakukan orang Romawi".
Catatan sejarah yang satu ini semata-mata berasal dari rumor, bukan dari fakta.
Orang-orang Romawi suka berspekulasi tentang kaisar dan kehidupan seks mereka. Saat itu Nero dan ibunya dibawa melalui Roma dengan tandu. Nero muncul dengan noda mencurigakan di pakaiannya.
Orang-orang mulai berbisik bahwa pasangan itu telah melakukan lebih dari sekadar meninjau undang-undang kekaisaran di balik tirai.
Bahkan yang lebih memalukan adalah kenyataan bahwa kaisar mengambil seorang gundik yang ternyata adalah sosok yang meludahi ibunya.
“Tentu, ini adalah sebuah situasi yang membuat lidah bergoyang-goyang di seluruh Roma,” tambah Devenport.
Desas-desus ini dapat dijelaskan sebagai tanggapan terhadap situasi politik yang tidak biasa. Nero baru berusia 16 tahun ketika dia diakui sebagai kaisar. Ibunya Agrippina menegaskan dirinya sebagai wali kaisar dengan menunjuk orang-orang yang setia kepadanya di posisi kunci. Pengaruh Agrippina yang luar biasa ditunjukkan oleh koin kontemporer dengan gambar kaisar dan ibunya di sisi ‘kepala’. Koin ini membuat Agrippina terlihat setara dengan Nero.
Posisi Agrippina yang belum pernah terjadi sebelumnya menjadi bahan spekulasi terus-menerus di seluruh kota Roma, menurut Cassius Dio, seorang sejarawan dan konsul Romawi. Ini karena orang-orang tidak dapat memperoleh informasi yang akurat tentang urusan di dalam istana.
Tanpa informasi yang dapat dipercaya, desas-desus menyebar berdasarkan prasangka budaya. Di dunia Romawi, diyakini bahwa seorang wanita tidak dapat menggunakan kekuatan politik. Kecuali jika diperoleh dengan cara curang atau tidak bermoral.
Desas-desus lain muncul setelah Agrippina kehilangan pengaruh atas putranya karena wanita lain. Sang Ibu diduga mulai mendandani dirinya dan melamar putranya saat ia mabuk.
Cassius Dio berkomentar: “Apakah ini benar-benar terjadi atau apakah itu diciptakan agar sesuai dengan karakter mereka, saya tidak yakin.”
Apakah Nero membakar Roma?
Nero memiliki reputasi sebagai pembakar bahkan di zaman kuno. Ada desas-desus bahwa ia memulai Api Roma pada tahun 64 M, ini muncul dalam sejarah Tacitus dan Cassius Dio dan biografi Nero oleh Suetonius.
Kebanyakan cendekiawan sekarang setuju bahwa Nero tidak bertanggung jawab atas kebakaran tersebut, tapi ‘pabrik rumor modern’ enggan membebaskan kaisar.
Ada dua alasan mengapa Nero dituduh membakar Roma. Yang pertama adalah bahwa dia adalah seorang megalomaniak gila yang membakar kota hanya karena dia bisa. Ada sebuah cerita yang diceritakan oleh Suetonius bahwa ketika seorang pria berkata kepada Nero, 'Saat aku mati, biarkan bumi dilalap api', kaisar menjawab, 'Tidak, selama aku hidup!'
Alasan kedua yang sering diajukan adalah karena Nero ingin membangun kembali Roma sesuai dengan rencananya sendiri. Ini termasuk tempat tinggal baru yang mewah untuk dirinya sendiri, 'Rumah Emas' (Domus Aurea). Ada mitos modern bahwa istana baru dibangun semata-mata untuk pesta dan pesta pora.
Jika kita memeriksa catatan sejarah kita dengan cermat, satu-satunya bukti Nero si pembakar berasal dari rumor dan desas-desus. Hal ini diakui secara bebas oleh sejarawan Tacitus. Menurutnya, meskipun Nero sedang berada di luar Roma ketika kebakaran terjadi, desas-desus menyebar bahwa kaisar telah menyanyikan kehancuran Troy dari panggung istananya.
Cassius Dio menggambarkan kekacauan di jalan-jalan saat api berkobar, ketika orang-orang berlarian bertanya satu sama lain bagaimana api dimulai. Dalam situasi putus asa seperti itu, tanpa saluran informasi yang andal, mudah untuk melihat bagaimana rumor bisa dimulai.
Mengapa muncul desas-desus liar tentang Nero?
Studi sosiologis rumor menunjukkan bahwa rumor berkembang dalam situasi ketika orang tidak memiliki informasi yang baik untuk menjelaskan peristiwa terkini.
Desas-desus bahwa Nero memulai kebakaran Roma dapat dijelaskan sebagai upaya orang untuk memahami situasi traumatis yang membingungkan. Saat itu hanya sedikit atau tidak ada informasi resmi tentang apa yang sebenarnya terjadi.
Pemandangan Domus Aurea yang dibangun begitu cepat setelah kebakaran tidak diragukan lagi mengobarkan api rumor, menunjuk jari ke kaisar sendiri.
Hal yang sama dapat dibuat tentang dugaan hubungan inses Nero dengan ibunya. Kisah-kisah tentang hubungan seksual berkembang sebagai cara untuk menjelaskan kekuatan Agrippina yang luar biasa.
Sumber kuno sendiri menyebutkan bahwa beberapa catatan tentang Nero adalah rumor dan sindiran. Suetonius, penulis biografi Nero, melaporkan bahwa kaisar hanya dianggap menginginkan ibunya. Tetapi ia dibujuk untuk tidak bertindak berdasarkan perasaannya.
Demikian pula Tacitus mengungkapkan bahwa, sementara beberapa percaya pada desas-desus bahwa Nero memulai api, ada juga yang tidak.
Jika penulis kuno kita tahu cerita ini hanya rumor, mengapa mereka merekamnya? Ada berbagai alasan untuk ini.
Tentu saja ada tradisi dalam historiografi kuno untuk melaporkan berbagai versi peristiwa dan memungkinkan pembaca untuk mengambil keputusan sendiri.
Baca Juga: Elagabalus: Kaisar Romawi yang Dibenci, Mati Dibunuh dan Dimutilasi
Baca Juga: Agrippina: Permaisuri Kaisar Romawi yang Rela Dibunuh Anaknya Sendiri
Baca Juga: Kaisar Romawi Nero: Apakah Dia Layak Mendapat Reputasi Pria Nakal?
Cerita-ceritanya juga sangat menghibur. Namun kita tidak boleh lupa bahwa sejarah dan biografi ini dirancang untuk menyenangkan para pembacanya.
Akhirnya, desas-desus cabul melayani tujuan politik. Kehidupan seks seorang kaisar bukan sekadar gosip yang menarik bagi massa. Kehidupan seks pribadinya diyakini mencerminkan karakter pemerintahannya.
Desas-desus, meskipun pada akhirnya tidak benar, membantu mendefinisikan harapan seorang kaisar yang baik di benak para pembaca.
Dunia modern juga menganggap desas-desus ini sebagai fakta. Ini menyenangkan dan menghibur untuk dibaca, menarik bagi prasangka budaya kita tentang Romawi dan kaisarnya sebagai korup dan bangkrut secara moral.
Tapi mungkin yang paling signifikan, rumor memungkinkan kita untuk memaksakan jarak moral antara diri kita sendiri dan leluhur kuno kita. Membuat masa lalu tampak aneh dan asing membantu melupakan bahwa masalah yang sama masih ada di masa sekarang.
Source | : | The Conversation,Ancient Pages |
Penulis | : | Sysilia Tanhati |
Editor | : | Mahandis Yoanata Thamrin |
KOMENTAR