Nationalgeographic.co.id—Saat berkunjung ke kawasan Yogyakarta atau Surakarta, atau mungkin tempat lainnya di Jawa, bangunan joglo dengan mudah dapat ditemui. Namun, bangunan tradisi ini sangat lekat dengan nilai historis kalangan atas masyarakat Jawa.
Desi Khanifah Narwati menulis dalam skripsinya kepada Universitas Sebelas Maret Surakarta berjudul Budaya Priyayi Baru (Studi Gaya Hidup Priyayi Baru Di Societeit Harmonie Surakarta 1920-1930) yang terbit pada tahun 2014. Ia menyebut bahwa joglo ditinggali oleh keluarga priayi aristokrat.
Secara bentuk, joglo menyerupai kraton, singgasana raja-raja muslim Jawa, hanya saja ukurannya jauh lebih kecil. Di bawah atapnya, para priayi bangsawan meniti kehidupannya.
Slamet Subiyantoro, seorang profesor Pendidikan Seni Rupa Universitas Sebelas Maret Surakarta, menyebut bahwa Rumah joglo dalam pemahaman Jawa merupakan cerminan sikap, wawasan, serta tingkat ekonomi-sosio-kultural masyarakatnya.
Ia menuliskan prinsip tradisi Jawa dalam jurnal Bahasa & Seni berjudul "Rumah Tradisional Joglo dalam Estetika Tradisi Jawa" yang terbit pada tahun 2011. Dalam tulisannyalah, Slamet mengungkap adanya refleksi joglo dengan gaya hidup seseorang yang mendiaminya.
Seperti halnya juga di Kudus, rumah joglo dipandang sebagai simbol kedigdayaan dan keunggulan seorang priayi aristokrat Jawa. Orang-orang yang hidup di bawah atap joglo dianggap punya tingkatan sosial lebih tinggi dibanding dengan para saudagar.
"Dari segi ukiran, ada simbol kemenangan dan kebanggaan yang diperlihatkan dengan bentuk kekayaan, di samping dalam bentuk ukiran yang menghiasi gebyok rumahnya," tulis Ashadi dalam jurnal NALARs berjudul "Jejak Keberadaan Rumah Tradisional Kudus: Sebuah Kajian Antropologi—Arsitektur dan Sejarah" yang terbit pada 2010.
Slamet juga menggambarkan bahwa joglo disebut sebagai tikelan (patah) karena atap rumahnya seolah-olah patah menjadi tiga bagian: brunjung, penanggap, dan panitih. Di dalamnya, terdapat pendapha, pringgitan, dalem, dapur, gandhok, dan gadri.
Susunannya secara vertikal juga terbagi ke dalam tiga bagian: atap, tiang atau tembok, dan bawah atau ompak. "Susunan ini merupakan transformasi candi ditafsirkan sebagai lambang dunia atas (dewa), dunia tengah (kehidupan), dan dunia bawah (kematian)," sambung Slamet.
Baca Juga: Selidik Pola Hunian Unik dan Mistis di Jantung Kota Bogor
Baca Juga: Beringin dan Alun-Alun bagi Aktivitas Masyarakat Jawa Tahun 1910
Baca Juga: Intip Kemegahan Rumah Tradisi di Kampung Adat Nan Gagah di Sumba Barat
Source | : | Digital Library Universitas Sebelas Maret Surakarta,jurnal Bahasa & Seni,jurnal NALARs |
Penulis | : | Galih Pranata |
Editor | : | Warsono |
KOMENTAR