Nationalgeographic.co.id—Kekaisaran Ottoman memiliki hubungan dan peranan khusus dengan modernisasi yang terjadi di Indonesia, khususnya lewat pendidikan.
Mereka mulai memberikan perhatian pada Asia Tenggara dan membuka konsulat untuk pertama kalinya di Singapura pada tahun 1864, kemudian di Batavia pada tahun 1883.
Banyak migran, terutama dari Hadhramaut, datang ke Singapura pada abad ke-19. Banyak Hadrami datang dari Hadhramaut ke kota-kota di Asia Tenggara seperti Singapura, Batavia, dan Surabaya untuk mencari peluang, umumnya sebagai pedagang.
Kebijakan Ottoman yang paling signifikan di Indonesia pada akhir abad ke-19 adalah memberikan kesempatan bagi pelajar Jawi untuk datang ke Istanbul.
Istilah Jawi digunakan karena arsip Ottoman menggunakan 'Cavah' untuk menyebut pelajar yang datang ke Istanbul pada saat itu. Meskipun begitu, pelajar Jawi yang datang ke Istanbul adalah orang Hadrami.
Alwi Alatas dan Alaeddin Tekin dalam The Indonesian-Hadramis’ Cooperation With The Ottoman and The Sending of Indonesian Students to Istanbul, 1880s-1910s yang terbit dalam jurnal Tarih Incelemeleri Dergisi mengungkap pengiriman Siswa ke Istanbul.
Uthman dan Muhammad bin Abdullah al-Attas dari gelombang pertama telah menyelesaikan tingkat persiapan di Sekolah Mülkiye pada pertengahan tahun 1899 dan akan menerima ijazah mereka.
Namun, rencana mereka untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi tidak dapat langsung disetujui, karena hanya warga negara Ottoman yang diizinkan untuk memasuki tingkat ini. Oleh karena itu, para siswa ini mencoba memperoleh kewarganegaraan Turki.
Meskipun demikian, dukungan khusus dari Sultan membuka kesempatan untuk mendapatkan pengecualian dalam mengejar pendidikan tinggi. Meskipun pada akhirnya mereka tetap tidak dapat memperoleh karier publik yang memerlukan kewarganegaraan Ottoman.
"Mereka diizinkan untuk melanjutkan pendidikan tinggi mereka jika mereka mengikuti ujian masuk pendidikan tinggi dan berhasil dalam ujian tersebut," ungkap Alwi dkk.
Kewarganegaraan Ottoman, bagaimanapun, masih merupakan kemungkinan. Uthman dan Muhammad mungkin tidak melanjutkan studi mereka di Istanbul, karena pada tahun 1901 keduanya telah meninggalkan kota dan melanjutkan studi mereka di Eropa.
Baca Juga: Kematian Misterius Kaisar Terakhir Bizantium yang Ditaklukkan Ottoman
Uthman melanjutkan ke Montpellier, Prancis, sementara Muhammad belajar teknik di Belgia. Pada tahun 1907, Uthman hampir menyelesaikan studi medisnya di Prancis dan Muhammad masih menjalani studi tekniknya.
Putra ketiga Abdullah bin Alawi, Hashim, masih di Sekolah Sultani (Galatasaray) pada tahun 1901, tetapi pada tahun 1907 dia sudah mengikuti Muhammad belajar teknik di Belgia.
Uthman akan menjadi dokter medis, bergabung dengan Masyarakat Bulan Sabit Merah Turki selama Perang Balkan, tetapi kemudian kembali ke Hindia Belanda dan tinggal di Depok, dekat Batavia.
Muhammad kemudian menjadi insinyur pertambangan dan Hashim seorang ahli pertanian. Muhammad tinggal dan meninggal di Indonesia, sementara Hashim akhirnya tinggal di Istanbul dengan istri Turki-nya setelah sempat membuka perkebunan karet dan perusahaan di Hindia Belanda selama beberapa tahun.
Putra lain dari Abdullah ibn Alawi al-Attas, Ismail, tidak dikirim ke Istanbul oleh ayahnya, tetapi langsung ke Eropa dari Mesir.
Saudara dari Abdullah ibn Alawi al-Attas, Umar, sedang belajar di Mekteb-i Sultani (Galatasaray) pada tahun 1901. Pada Juli 1906, ia telah meninggalkan Sultani dan berniat melanjutkan ke sekolah komersial di Eropa atau di Hindia Belanda.
Namun, pada tahun berikutnya, sebuah dokumen Ottoman menginformasikan bahwa pada saat itu ia adalah seorang mahasiswa di Fakultas Hukum. Ia juga diketahui mengajukan paspor baru pada bulan April tahun tersebut untuk mendapatkan izin kembali ke kampung halamannya untuk tujuan tertentu.
"Tidak ada informasi lebih lanjut yang kamu temukan mengenai kelanjutan studi Umar di Istanbul. Kedua saudaranya, Aydarus dan Muhsin, tidak lagi muncul dalam dokumen atau berita berikutnya sejak mereka pertama kali datang ke Istanbul. Apakah mereka termasuk di antara siswa yang dilaporkan meninggal atau kembali ke kampung halaman mereka pada tahun 1901?" jelas Alwi.
Menuntut ilmu di Ottoman
Pada tahun 1901, Abdul Muttalib Shahab dan Abdul Rahman Alaydrus masih menjalani studi mereka dan belajar bahasa Belanda di waktu luang mereka.
Abdul Rahman kembali ke Batavia untuk mengunjungi ibunya pada tahun 1905 dan ia memperoleh visa dari konsulat Belanda di Istanbul untuk perjalanan ini, yang memicu kritik dari Snouck Hurgronje, karena siswa tersebut dan ayahnya dikenal dengan sikap mereka yang bermusuhan terhadap pemerintah kolonial.
Baca Juga: Pan-Islamisme Ottoman dan Reaksi Pemerintah Kolonial di Hindia Belanda
Pada tahun yang sama, Abdul Muttalib masih berada di Sekolah Sultani. Pada Maret 1907, kebakaran terjadi di Sekolah tersebut dan Abdul Muttalib serta Abdul Rahman kehilangan semua barang-barang mereka karena kebakaran itu.
Keduanya datang ke konsulat Belanda dan menerima bantuan keuangan. Abdul Rahman kemudian pergi ke Kairo, Mesir, bergabung dengan ayahnya untuk belajar bahasa Arab dan Inggris di sana, sementara Abdul Muttalib kembali ke Batavia.
Pada tahun 1901, Ali bin Sahil, yang datang ke Istanbul bersama Abdul Rahman dan Abdul Muttalib, dipindahkan dari Mülkiye ke Mekteb-i Sultani (Galatasaray) di mana siswa-siswa di sana jauh lebih muda darinya.
Dia mengajukan permohonan untuk pindah dari Sultani untuk belajar di bidang Pertanian (Ziraat) pada pertengahan tahun 1904, tetapi Pemerintah Ottoman merasa sulit menyetujuinya mengingat usianya sudah 24 tahun.
Pada April 1905, Ali masih belajar di Sekolah Sultani, tetapi pada Oktober tahun itu dia mengajukan permohonan untuk meninggalkan sekolah dan kembali ke negara asalnya.
Karena kekurangan dana, dia meminta bantuan keuangan untuk pulang dan pihak Ottoman setuju untuk mengalokasikan 3.000 kurus untuk tujuan ini. Kegagalannya dalam pendidikan disebabkan karena dia tidak lulus dalam beberapa mata pelajaran ilmu pengetahuan dan bahasa Prancis, selain juga sibuk mengurus teman-temannya yang lebih muda.
Permohonannya disetujui oleh pihak Ottoman karena perilakunya yang baik selama tinggal di Istanbul. Dana untuk perjalanan dikeluarkan pada bulan berikutnya, November 1905, sehingga dia bisa kembali ke negaranya.
Namun, Schmidt menyebutkan bahwa Ali pergi ke Hindia Belanda pada akhir tahun 1912 untuk menggalang dana bagi Turki dan menghasut rakyat melawan orang-orang Kristen.
Sayangnya, penelitian ini tidak menemukan data lebih lanjut untuk menjelaskan apa yang terjadi di antara tahun-tahun tersebut; apakah siswa ini menunda kepulangannya atau kembali ke Istanbul di tahun-tahun berikutnya?
Pakaian simbol perlawanan
Seperti yang disebutkan sebelumnya, pada awal tahun 1904, para siswa yang tiba pada tahun 1899 diizinkan untuk pulang berlibur ke Hindia Belanda.
Para siswa ini tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Batavia, mengenakan pakaian Turki – bertentangan dengan peraturan kolonial – dan disambut oleh Konsul Ottoman, Sadik Bey, sementara polisi mengawasi dari kejauhan.
Ini memiliki efek dramatis dalam komunitas Arab dan memperkuat citra Ottoman. Pertarungan mengenai pakaian Turki tidak berakhir di situ.
Ancaman hukuman kolonial menimbulkan kegelisahan dan orang tua para siswa ini ingin menyampaikan kasus ini kepada Sultan Ottoman. Para siswa akhirnya kembali ke Istanbul pada Februari 1905.
Snouck Hurgronje hanya menyebutkan dua putra Ba Junaid dan dua putra Bin Sunkar yang datang ke Hindia Belanda saat itu. Ketika Abdul Rahman Alaydrus kembali ke Batavia, dia juga mengenakan pakaian Turki dan didenda oleh pemerintah kolonial tetapi dibela oleh ayahnya dan konsul Ottoman di Batavia.
Perlawanan melalui pakaian menjadi semacam pemberontakan kecil terhadap pembatasan kolonial.
Kemungkinan beberapa anak, setidaknya Ahmad dan Said Ba Junaid, kembali lebih awal ke Istanbul. Ada sebuah dokumen Ottoman pada 5 Januari 1905 yang menyatakan bahwa Ahmad dan Said Ba Junaid telah menyelesaikan sekolah dan ingin melanjutkan ke pendidikan tinggi di Mülkiye, tetapi perlu mengikuti kursus bahasa Prancis untuk tujuan ini.
Dokumen lain pada 10 Januari 1905 juga menyebutkan bahwa dua siswa dari Jawa – mungkin Ahmad dan Said – mendaftar ke pendidikan tinggi, tetapi status mereka sebagai orang asing menjadi masalah.
Kedua bersaudara itu mengungkapkan kepada konsul Belanda pada awal Februari 1905 tentang rencana mereka untuk melanjutkan studi selama setahun di Mülkiye dan kemudian ke sekolah Jesuit di Beirut untuk belajar bahasa Prancis, lalu bekerja di perusahaan perbankan di Belanda.
Pada Maret 1906, tampaknya mereka telah menyelesaikan program di Mülkiye dan mereka mengajukan petisi untuk diizinkan menerima tanda kehormatan kekaisaran seperti teman-teman Ottoman mereka.
Petisi ini disetujui oleh Menteri Pendidikan, Mustafa Hashim Pasha, pada Juli 1906 dan oleh karena itu mereka akan segera menerima tanda kehormatan mereka.
Namun, pada bulan sebelumnya, kedua bersaudara tersebut pergi ke Beirut untuk mendaftar studi, tetapi tidak berhasil karena usia mereka tidak memenuhi persyaratan.
Mereka menghabiskan waktu di Mesir dan pada bulan Oktober tampaknya mengikuti kursus singkat di Damaskus, sebelum kembali ke Istanbul pada April 1907 dan akhirnya kembali ke Hindia Belanda pada pertengahan Mei tahun itu.
Kedua bersaudara tersebut kembali ke Istanbul dua tahun kemudian dan berusaha memperoleh kewarganegaraan Ottoman. Ahmad menikah dengan Fahire Hanim, putri dari direktur Harem kekaisaran, dan tampaknya kembali ke Hindia Belanda bersama istrinya.
Said Ba Junaid, yang lebih muda dari kedua bersaudara itu, juga menikahi seorang wanita Turki-Eropa, dan tampaknya terus tinggal di Istanbul. Setidaknya dia adalah satu-satunya siswa dari Jawa yang masih di Istanbul pada tahun 1915.
Istrinya sebenarnya adalah putri dari Kamil Bey dan menurut sebuah laporan pada tahun 1919, dia tinggal di Sindanglaya, Preanger, dan Jawa. Sayangnya, tidak ada lagi dokumen yang membahas kemunculan siswa lain dari angkatan tahun 1899.
Penulis | : | Muflika Nur Fuaddah |
Editor | : | Ade S |
KOMENTAR