Pemindahan Ibu Kota Negara Disepakati, Akan Seperti Apa Nasib Hutan Kalimantan Calon Pengganti Ibu Kota Baru?

By Mahmud Zulfikar, Rabu, 28 Agustus 2019 | 07:44 WIB
Presiden Joko Widodo meninjau kawasan Bukit Soeharto di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kaltim, yang menjadi salah satu lokasi calon Ibu Kota baru, Selasa (7/5/2019). ((Biro pers setpres))

Nationalgeographic.co.id – Pemindahan ibu kota sudah disepakati. Presiden Joko Widodo sudah resmi mengumungkan lokasi pengganti Ibu Kota Jakarta dalam konferensi pers di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8/2019).

Lokasi itu ada di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara. Tepatnya di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, dan Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Dua kecamatan yang berada di dua kabupaten di Kalimantan Timur direncanakan menjadi pusat pemerintahan baru pada tahun 2024.

Dengan luas sekitar 180.000 hektar atau kira-kira setara dengan tiga kali luas Jakarta saat ini.

Kawasan tersebut adalah kawasan ekosistem hutan. Dan kita semua tahu Kalimantan adalah penyumbang oksigen dunia atau “paru-paru Indonesia”, lantas bagaiamana ekosistem hutan jika kemudian dialihfungsikan menjadi ibu kota?

Baca Juga: Mengkhawatirkan, Area Hutan Amazon yang Terbakar 28 Kali Luas Jakarta

Hal ini tidak bisa dinafikan, ekosistem hutan pasti akan terganggu, hanya saja kita perlu tahu apa langkah pemerintah dalam mengatasi hal ini.