Pasangan Kopi yang Salah, saat Kenikmatan Malah Menjelma jadi Bencana

By Ade S, Rabu, 10 Juli 2024 | 08:03 WIB
Kopi tidak memengaruhi cara kerja semua obat, tetapi banyak obat umum yang rentan terhadap efek dari keduanya. Berikut ini di antaranya. (Freepik)

Nationalgeographic.co.id—Pernahkah pada suatu pagi Anda meminum kopi sambil menelan ibuprofen (Advil) atau pereda nyeri antiinflamasi lainnya?

Jika pernah, maka Anda telah membahayakan diri Anda sendiri. Sebab, tanpa Anda sadari, kopi tersebut telah meningkatkan efek dari obat yang Anda telan. Dengan kata lain, Anda telah meningkatkan dosis dari obat tersebut!

Tentu saja Anda tidak setiap hari melakukan hal tersebut. Bisa jadi Anda menelan obat tersebut hanya karena kopi yang Anda harapkan menghilangkan sakit kepala tidak berfungsi seperti harapan Anda.

Namun, perlu diingat bahwa kopi sendiri pada dasarnya merupakan minuman berstimulan dengan kafein sebagai sumber utamanya. Mencicipi 400 mg kafein per hari memang masih tergolong aman.

Tapi tidak demikian jika Anda memadukannya dengan beberapa jenis obat, tidak hanya ibuprofen atau pereda nyeri antiinflamasi seperti kasus di atas. Terdapat beberapa obat yang cara kerjanya akan sangat terpengaruh oleh kopi yang Anda minum.

"Kafein dalam kopi dapat meningkatkan efektivitas pereda nyeri bebas seperti asetamin dan obat nyeri antiinflamasi, termasuk aspirin dan ibuprofen. Namun, untuk banyak obat penting lainnya, kopi dapat menyebabkan interaksi yang menurunkan potensinya," demikian tulis Maureen Salamon di laman Harvard Health Publishing.

Salamon mencontohkan bagaimana kopi (bahkan yang tanpa kafein) dapat menurunkan penyerapan obat dengan membuat isi perut lebih asam. Di sisi lain, menurut Lina Matta, direktur apotek rawat jalan di Brigham and Women's Hospital yang berafiliasi dengan Harvard, kafein adalah penyebab utama dalam sebagian besar benturan obat.

Jika Anda sedang menjalani pengobatan untuk kondisi penyakit yang kronis, hal tersebut sudah cukup menjadi alasan untuk waspada terhadap cara kopi - dan sumber kafein lainnya - dapat mengubah cara kerja obat.

"Kafein dapat memengaruhi semua fase perjalanan obat melalui tubuh, tetapi dengan alasan yang berbeda," kata Matta. "Itu tergantung pada obatnya."

Sumber kafein

Ditemukan secara alami di daun, biji, dan buah dari lebih dari 60 tanaman, kafein adalah stimulan yang cepat masuk ke otak - membuat kita terjaga tak lama setelah kita menghabiskan secangkir kopi di pagi hari.

Baca Juga: Dari Perbudakan hingga Perang, Begini Cara Kopi Mengubah Sejarah Dunia