Nationalgeographic.co.id—Surat-surat kuno bisa menjadi cara untuk memahami hal-hal yang masih menjadi misteri atau sebagai bukti baru sejarah. Termasuk juga mengenai sejarah Kekaisaran Jepang dan cara shogun mengatur para samura dan menjaga ketertiban dan perdamaian di sana.
Sebuah surat kuno telah ditemukan yang berasal dari Edo Jepang abad ke-17. Surat ini menawarkan wawasan baru kepada para peneliti tentang kondisi Kekaisaran Jepang dan pengaturan samurai pada periode Edo Jepang (1603-1868 Masehi) setelah periode perang saudara yang panjang.
Surat itu mencatat kode etik pengikut samurai selama proyek pembangunan nasional.
Penemuan langka ini menjelaskan bagaimana Keshogunan Tokugawa mampu menjaga perdamaian dan ketertiban di Edo Jepang dan ke dalam kehidupan kelas samurai pada periode ini.
Dokumen luar biasa itu ditemukan oleh Profesor Tsuguharu Inaba yang merupakan bagian dari tim Eiseibunko Research Center di Kumamoto University. Dia menemukannya di antara koleksi yang disimpan di universitas itu.
Dikutip dari Ancient Origins, dokumen tersebut dikeluarkan oleh kepala klan Hosokawa, Tadaoki Hosokawa, pada tahun 1608 Masehi. Hosokawa adalah klan daimyo yang kuat dari domain Kokura di tempat yang sekarang disebut Kyushu.
Surat itu menetapkan bagaimana para bawahan penguasa harus berperilaku saat terlibat dalam rekonstruksi Kastil Sunpu, yang terletak sedikit di barat daya Tokyo modern (sebelumnya dikenal sebagai Edo).
Membangun Kembali Kastil Sunpu
Pembangunan kembali Kastil Sunpu dianggap sangat strategis bagi Kekaisaran Jepang. Kumamoto Univeristy menyebutnya sebagai “proyek nasional pada periode awal Edo”.
Kastil Jepang itu telah rusak parah akibat kebakaran pada tahun 1607 M dan sang shogun, Ieyasu Tokugawa (1543-1616), memerintahkan agar kastil itu dipulihkan dan juga diperluas.
Tokugawa yang berlaku sebagai penguasa militer atau shogun Jepang memerintahkan tiga klan daimyo besar yang berbeda untuk berpartisipasi dalam proyek tersebut. Menurut Eurekalert, Kastil Sunpu adalah "basis penting bagi Keshogunan Edo".
Proyek nasional ini juga memiliki dimensi politik. Eurekalert melaporkan bahwa “Dipercaya secara umum bahwa proyek nasional ini mencegah klan mengumpulkan kekayaan dengan memaksa mereka mengirimkan material dan manusia.”
Akibatnya, ini membuat daimyo penguasa daerah lemah dan memastikan bahwa mereka tidak mendirikan negara daerah semi-independen, seperti di masa lalu.
Transisi dari Perang Saudara ke Kemakmuran Edo
Eurekalert mengutip Profesor Tsuguharu Inaba yang mengatakan bahwa surat tersebut “memberi kita banyak informasi tentang politik terkait mobilisasi penguasa feodal oleh keshogunan untuk membangun kastil.”
Shogun ingin mencegah penantang pemerintahannya dan memastikan bahwa penguasa feodal daerah tidak akan memberontak.
Jepang pada awal abad ke-17 M baru saja bangkit dari periode negara yang sangat tidak stabil dan periode perang yang dikenal sebagai periode Sengoku (1467-1615 M).
Dalam surat yang baru ditemukan itu, penguasa Hosokawa menetapkan 13 pasal yang mengatur bagaimana pengikutnya harus bersikap. Mereka harus mematuhi perwakilan shogun dalam segala hal.
Pasal dua menyatakan bahwa siapa pun yang ditemukan berkelahi dengan anggota klan lain dapat dieksekusi. Pasal-pasal lain berupaya meminimalkan risiko konflik selama proyek rekonstruksi kastil dengan berbagai cara.
Ini sangat penting karena pengerjaan kastil dilakukan oleh tiga klan berbeda. Memang, pada Pertempuran Sekigahara (1600) klan Hosokawa dan Mori, yang sama-sama berpartisipasi dalam proyek kastil, bertempur di tempat yang berlawanan.
Pertengkaran atau pertengkaran apa pun dapat “berkembang menjadi konflik besar,” menurut Kumamoto University. Hal ini pada gilirannya dapat menyebabkan konflik terbuka antara klan daimyo, yang dapat menggoyahkan seluruh negeri.
Tanpa Sake, Tanpa Sumo, dan Tanpa Hiburan!
Beberapa pasal dalam surat tersebut memberikan wawasan yang menarik tentang “kehidupan kelas prajurit (ashi-garu) yang dimobilisasi untuk proyek tersebut,” menurut Eurekalert.
Surat ini menunjukkan bahwa mereka dikontrol dengan ketat oleh tuan dan majikan mereka. Mereka harus meminta izin untuk mengunjungi kota setempat dan hanya bisa minum tiga cangkir sake.
Para pengikut hanya bisa mandi air panas dengan anggota klan mereka. Gulat sumo dilarang, dan bahkan menonton pertandingan gulat adalah pelanggaran yang bisa dihukum.
Perkelahian dilarang keras dan mereka yang terlibat di dalamnya dapat dihukum mati.
Apa pun yang dapat menyebabkan konflik antar klan atau mengizinkan anggota daimyo yang berbeda untuk bersatu untuk berkonspirasi dilarang keras.
Aturan ini memberikan wawasan baru tentang tahun-tahun saat Edo Jepang bertransisi dari perang saudara ke masa damai dan kemakmuran yang panjang bagi Kekaisaran Jepang. Disiplin diberlakukan bagi setiap warga dan samurai untuk mencegah persekongkolan dan perang pada periode Sengoku.
Langkah-langkah keras ini sebagian besar berhasil, dan Jepang memasuki periode stabilitas yang berkepanjangan yang berakhir pada tahun 1867 ketika kapal perang logam Amerika meruntuhkan isolasi Edo Jepang dari dunia luar.
Eurekalert melaporkan bahwa surat tersebut “dengan jelas menyampaikan aspek masyarakat samurai selama peralihannya dari masa perang menuju perdamaian dan kemakmuran”.
Gambar digital dari dokumen tersebut telah dipublikasikan di situs web Kumamoto University. Surat kuno itu telah menjadi bagian cerita dari sejarah Kekaisaran Jepang.
Source | : | Ancient Origins |
Penulis | : | Utomo Priyambodo |
Editor | : | Mahandis Yoanata Thamrin |
KOMENTAR