Nationalgeographic.co.id—Studi baru dari University of Bath dan Radboud University di Belanda menemukan bahwa mendirikan usaha atau berwiraswasta dapat memberikan rasa bebas pada kaum LGBT. Tidak hanya itu, mereka juga menjadi lebih nyaman dengan diri mereka sendiri.
Para peneliti menemukan bahwa pengalaman negatif di tempat kerja orang-orang LGBT telah membuktikan kekuatan yang memotivasi untuk memulai bisnis sendiri.
Mendirikan bisnis atau wiraswasta dapat memberi orang LGBT rasa pembebasan dan kebebasan untuk menjadi diri yang mereka inginkan. Hasil tersebut merupakan hasil studi tentang usaha kecil dengan pemilik LGBT.
"Untuk beberapa pengusaha yang kami wawancarai dan merupakan seorang gay, memutuskan untuk menjadi pengusaha (karena) terkait erat dengan konsep kebebasan," kata Luke Fletcher dari University of Bath's School of Management.
Fletcher mengatakan, kaum LGBT merasa perlu menyembunyikan identitas seksual mereka dalam karier mereka sebelumnya untuk menghindari kemungkinan hambatan dan konsekuensi negatif.
Sehingga mereka percaya bahwa menjadi wiraswasta akan memungkinkan mereka untuk mengekspresikan diri mereka.
Dalam praktiknya, penelitian menunjukkan pengusaha LGBT terus menavigasi ketegangan di persimpangan antara menjadi diri mereka yang otentik dan menjalankan operasi bisnis sehari-hari.
Analisis menunjukkan bahwa pengusaha LGBT merasa mereka berjuang melawan stereotip pengusaha sebagai maskulin, heteroseksual dan laki -laki dan homoseksual sebagai feminin, lemah dan berrbeda.
Namun demikian, para peneliti menemukan bahwa beberapa orang memperoleh motivasi dan nilai dalam menyelaraskan identitas LGBT mereka dengan status mereka sebagai pebisnis, dan memandang seksualitas mereka sebagai aset.
Mengatasi tantangan keluar menjadi lesbian atau gay dalam masyarakat heteronormatif telah memungkinkan mereka untuk mengembangkan kompetensi mereka, termasuk kemampuan emosional, empati, dan kesadaran sosial yang mereka rasa memperkuat identitas wirausaha mereka.
Mereka juga dapat melihat pasar dan peluang baru untuk bisnis mereka yang muncul dari menyelaraskan diri dengan komunitas LGBT.
Yang lain merasa tidak nyaman dengan terbuka tentang identitas LGBT mereka, mendapatkan stigma sosial atau malu karena terlalu 'keluar' dalam bisnis mereka.
Terutama jika mereka mengalami diskriminasi atau pelecehan yang terkait dengan identitas LGBT mereka di masa lalu. Mereka lebih penting pada identitas mereka sebagai pebisnis dan meminimalkan nilai potensial yang dapat dibawa oleh identitas LGBT mereka.
“Orang mungkin merasa identitas LGBT mereka tidak relevan atau tidak boleh menjadi bagian dari cara mereka mengoperasikan bisnis mereka," kata Fletcher.
"Namun, ini dapat menciptakan ketegangan internal yang mungkin tidak terlalu baik untuk kesehatan dan kesejahteraan jangka panjang mereka."
Dalam penelitian ini, dipimpin oleh Caroline Essers di Radboud University dan diterbitkan dalam International Small Business Journal. Judulnya, "It’s all about identity: The identity constructions of LGBT entrepreneurs from an intersectionality perspective".
Studi mereka berkontribusi pada literatur tentang kewirausahaan minoritas, khususnya literatur kewirausahaan LGBT, dan pada interseksionalitas dan keberlanjutan karir, dengan fokus pada bagaimana pengusaha LGBT melakukan kewirausahaan di persimpangan seksualitas dan gender mereka.
Sebanyak sebelas pengusaha LGBT di perusahaan-perusahaan kecil di wawancara, untuk mengeksplorasi bagaimana mereka mengatasi secara bersamaan dengan kompleksitas menjadi pengusaha dan seksual, dan dalam beberapa kasus jenis kelamin, minoritas.
Studi ini melibatkan lima lesbian (termasuk seorang wanita trans yang diidentifikasi sebagai lesbian) dan enam pengusaha gay Belanda.
Baca Juga: Transpuan Di Masa Pagebluk: Warna dan Suara yang Kian Terpinggirkan
Baca Juga: Bias Gender Menghalangi Laki-Laki pada Beberapa Jalur Karier
Baca Juga: Algoritma Internet Kita Ternyata Punya Bias dalam Kesetaraan Gender
Baca Juga: Menelusuri Fakta Transgender Bukanlah Sebuah Penyakit Mental
Sampel tidak dimaksudkan untuk menggeneralisasi seluruh populasi pemilik usaha kecil LGBT Belanda. Namun, untuk memberikan wawasan mendalam tentang kelompok individu tertentu dan bagaimana mereka menjalani wirausaha mereka.
Para peneliti menyimpulkan bahwa sebagai pola dan tema serupa muncul dalam sebelas temuan wawancara, kemungkinan mereka telah mencapai sampel yang cukup.
Para peneliti mengatakan temuan mereka menunjukkan perlunya dukungan yang lebih disesuaikan untuk orang -orang LGBT dalam bisnis.
“Mengakses jaringan spesifik LGBT, seperti Seri Q dan jaringan sumber daya, seperti Federasi Bisnis Kecil, dapat membantu pengusaha LGBT memperoleh rasa kebersamaan, keaslian dan kepercayaan diri,” kata Fletcher.
“Dengan membangun dan berbagi pengetahuan dan pengalaman di seluruh komunitas bisnis LGBT, kami dapat memberdayakan dan memungkinkan orang dan bisnis mereka berkembang.”
Source | : | University of Bath,Small Business Journal |
Penulis | : | Ricky Jenihansen |
Editor | : | Mahandis Yoanata Thamrin |
KOMENTAR